Kisah Sedih Game Odong-Odong dan Publisher Mak Lampir

Posted by Bratamoon On Senin, 28 April 2014 0 komentar
 
   Sesuai judul "Kisah sedih game Odong-Odong dan Publisher Mak Lampir",saya akan sedikit curhat tentang kisah pilu itu namun sebaiknya dicermati dan caaamkann oleh siapa pun yang membaca ini XD.dahulu kala sekitar tahun 2000an Game online mulai berkembang di Indonesia,gak ketinggalan gan ane juga pengen ngerasain gimana enaknya maen game online,ternyata seru gan dan gak ada pausenya.lambat laun sampai tahun sekarang game online di indonesia sangat berkembang cepat dan semakin banyak publisher  dan game online yang bermunculan kayak hantu dari liang kubur.
  Kisah sedihnya,Game nya gak bertahan lama dan hanya sebentar,selesai event langsung tutup.sadisnya event yang berlangsung adalah kebanyakan Pay to win aka yang banyak duit yang bakal menang yang miskin jangan ngarep menang.dan Publisher Mak Lampirnya selalu meluncurkan game yang tidak berbobot,kenafa tidak berbobot? karena gamenya banyakan cloningan atau hanya di modifikasi.padahal itu game sudah pernah ada di indonesia namun diluncurkan lagi dengan nama yang beda dan sedikit modifikasi di dalam game.akhirnya tutup juga gamenya karena mang gak enak dan para pemburu hadiah pergi begitu saja ketika sudah mendapatkan hadihnya.lain sisi yang serius main bakalan kecewa karena dari awal udah mulai serius maen malah bakalan tutup dengan umur game yang pendek.
   Udah banyak di Indo kayak ginian gak keitung lagi,parahnya selesai event langsung tutup dengan alasan tidak ada support dari developerlah,ada itu lah ada ono lah dan lain-lain sebagainya.ketika launching...mulai cari CBT sampai OBT mereka menyelenggarakan Event dengan iming-iming hadiah yang super wow,malah ane pernah liat poster dan info eventnya ada yang berhadiah Mobil dan motor keren booo...ane gak tau itu dikasi beneran apa gak,ane gak menin karena kayaknya seperti ada sesuatu gitu heheheh mengingat gamenya adalah game odong-odong.
  Selama waktu event,itu playernya membludak antara pemburu hadiah event dan betul-betul pengen maen gamenya lomba-lomba naikin level,mengingat awal launching adalah awal pembentukan char dewa (kalau game nya umur panjang).selesai event yang ditentukan playernya drastis turun...ya iyalah yang maen banyakan pemburu hadiah XD.dan sedikit sisanya hanya yang benar-benar pengen maenin itu game.syukur kalau hadiah event di kasi kalau gak dikasi gimana ? mau keluarin duit tiket pesawat hanya untuk claim hadiah ? gak juga kan ?.yang parahnya selesai event gamenya langsung tutup.ane pernah baca di salah satu forum publisher..disitu playernya ngamuk-ngamuk karena hadiah gak dikasi malah gamenya tutup selesai launching.malah ada yang kecewa berat..udah serius maeninya...duit dah banyak keluar eh malah tutup.GG dah.
   Sebaiknya Publisher mikir-mikir dulu game apa yang akan di bawa ke indonesia,kalau gak seru mendingan gak usah di bawa ke indo dah.kalau asal masukin game yang maen gak bakalan ada tuh..palingan nyampek level 5 langsung pensi XD.jujur aja..kalau game nya seru dan enak kayak makanan,ane gak segan-segan kluarin duit demi character ane di game itu.tapi kalau gamenya odongodong boro-boro kluarin duit,di instal aja gak di kompi ane.
   Mulai awal bulan April 2014 kemarin,ane adain mini survey untuk para gamers di salah satu Forum non Publisher isinya emang gamers smua.berikut sedikit hasil survey tentang Kisah sedih game odong-odong dan Publisher mak lampir"

Penyebab Para Gamers Meninggalkan beberapa Game Online :
  • Game tidak berbobot alias game odong-odong,gamenya game jadul mulai dari tampilan dan gameplay jadul,Nama gamenya doank yang baru.
  • Game nya Cloningan atau copian,Game nya udah pernah ada di Indo tapi diluncurkan lagi dengan nama yang baru dan sedikit variasi.
  • Eventnya terlalu dewa dengan iming-iming hadiah yang terlalu dewa.
  • Eventnya banyakan Pay to win. dan didalam game juga cenderung Pay to Win
  • Gamenya terlalu banyak nguras duit,bodo amir kluarin duit buat game yang gak seru.teerrrlalu !
  • Server Bobrok,server suka crash atau gak sanggup nampung player banyak.
  • Banyaknya Cheater Gentayangan.
  • Terlalu Banyak Update jadinya membosankan.
  • Unsur sakit hati dengan salah satu publisher,seumur hidup gak maenin game nya lagi.
  • Client Game nya suka bermasalah.
  • Intinya Publishernya tidak becus.
Kalau gamenya seru dan Publishernya care, sapa sih yang gak mau kluarin duit buat itu game ? contohnya untuk beberap game luar,hanya untuk mendapatkan ID/game nya aja harus mengeluarkan puluhan bahkan ratusan dollar,tapi banyak yang mau karena emang dasar game nya seru.


Harapan Gamers untuk Publisher :
  • Sebaiknya membawa game yang berbobot ke Indonesia jangan odong-odong.
  • Jangan terlalu Pay to Win.
  • Hapuskan Cheater dari dunia persilatan.
  • Game bukan game cloningan tapi asli game baru.
  • Instalasi & Updatean gamenya tidak menyusahkan gamers.
  • Event Banjir hadiah ketika CBT dan OBT tidak perlu,ada baiknya dilakukan event offline.
  • Costumer service yang ramah dan mudah dihubungi,terutama untuk masalah teknis.

Sedikit tambahan dari hasil survery saya  :

Suara owner Game Center atau warnet :
  • Tolong dong game nya jangan nyusahin warnet dan jangan merepotkan warnet.kalau semuar lancar-lancar aja semua akan untung,karena gamers banyakan juga di Game center atau warnet,karena disana lah komunitas mereka berkumpul dan bermain bersama.
  • Pendaftaran warnet Premiumnya jangan susah banget dan jangan terlalu monopoli.
  • Jangan Banned atau Blokir Mac Komputer dan IP,karena tidak ada orang yang bisa standby menjaga semua pelanggan agar tidak menggunakan cheat.contoh lah game luar yang proteksi gamenya susah di tembus.
  • Costumer service yang care dan ramah.bukan CS yang sok dan belagu.(ini ada owner yang marah2 curhat..nanti ane kasi tunjuk linknya).
 Semua pihak merindukan game dan publisher kayak dulu.semakin lama semakin gak ada game yang seru,malahan sekarang banyakan maen game server luar karena kwalitas game dan support publishernya lebih oke.sebaiknya Publisher dan game di Indonesia lebih baik ke depan hari....
kalau ada tambahan,saran dan kritik silakan di komentar ya gan...ane dah ngantuk banget neh.

#Publisher #Publisher Game #Game Online #Gamers Indonesia #Indo Gamers #Cheat #Cheater #Close Beta #Open Beta #CBT #OBT #Launching Game
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar